PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mutoharoh, Eni (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI ALAT OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ENI MUTOHAROH 23060190054.pdf

Download (5MB)
[img] Text
ENI MUTOHAROH 23060190054.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa materi alat optik kelas VIII SMP Negeri 2 Karanggede tahun pelajaran 2022/2023. Pendekatan kuantitatif dalam penelitian ini adalah jenis true experimental design, dengan menggunakan desain pretest-posttest control group design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling, di mana kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa soal, angket, lembar observasi dan dokumentasi. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji koefisien korelasi, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 22.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model project based learning dengan mind mapping memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa materi alat optik kelas VIII SMP Negeri 2 Karanggede tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji T Independent T-Test diperoleh nilai thitung 11.429 > ttabel 2.008 artinya kedua varian data mempunyai perbedaan dua rata-rata. Hasil uji koefisien korelasi memiliki nilai pearson correlation sebesar 0,778 artinya kedua variabel mempunyai hubungan yang kuat. Hasil uji regresi linier sederhana memiliki nilai sig. 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat pengaruh model project based learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji koefisien determinasi memiliki nilai R Square sebesar 0,606 yang menunjukkan besarnya pengaruh model project based learning dengan mind mapping terhadap hasil belajar siswa sebesar 60,6%. Hal ini diperkuat oleh hasil angket respon siswa dengan persentase sebesar 69,2% dan hasil lembar keaktifan siswa sebesar 84,3% dibandingkan kelas yang menggunakan model discovery learning dengan keaktifan siswa sebesar 44%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 18:42
Last Modified: 19 Oct 2023 18:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item