PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION-OBSERVATION- EXPLANATION) PADA SISWA KELAS V MI DADAPAYAM 01 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Nurhidayati, Sadiah (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION-OBSERVATION- EXPLANATION) PADA SISWA KELAS V MI DADAPAYAM 01 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI WISUDA SADIAH NURHIDAYATI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI WISUDA SADIAH NURHIDAYATI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI WISUDA SADIAH NURHIDAYATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Nurhidayati, Sadiah. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Melalui Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Pada Siswa Kelas V MI Dadapayam 01. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Yogi Kuncoro Adi, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Model Pembelajaran POE. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA mengenai materi ekosistem yang peneliti amati, masih pada rentang yang rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa yang berada dibawah KKM yaitu 65. Mengingat urgensi hasil belajar dengan kondisi lapangan yang seperti ini jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan prestasi siswa semakin menurun bahkan hingga sikap sosialnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran POE pada siswa kelas V MI. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang dilaksanakan pada 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Dadapayam 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Setiap siklus penelitian yang dilakukan terdapat empat Langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deksriptif kualitatif. Analisis penelitian dilakukan dengan membandingkan ketuntasan hasil belajar antara Siklus I dan Siklus II dimana peningkatan ketuntasan mencapai angka 85%. Berdasarkan data pada Siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 67,72 dengan persentase 67% sementara pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 78,77 dengan persentase 89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah adanya tindakan. Penerapan model pembelajaran POE dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ekosistem pada ranah pengetahuan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dan peningkatan nilai rata-rata kelas serta klasikal. Tingkat keberhasilan dalam pembelajaran juga terlihat bahwa siswa menjadi lebih aktif, berani dalam menyampaikan pendapat dan pertanyaan, serta siswa dapat berpikir kritis sehingga mudah dalam menerima informasi. Pada akhirnya, penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk menerapkan model POE pada pembelajaran, kelas, dan sekolah lain dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 20:03
Last Modified: 19 Oct 2023 20:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18397

Actions (login required)

View Item View Item