PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC ( READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) PADA SISWA KELAS V MIN 9 BOYOLALI

Agata, Vinka Laurista (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RADEC ( READ, ANSWER, DISCUSS, EXPLAIN, CREATE) PADA SISWA KELAS V MIN 9 BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi (Vinka Laurista Agata 23040190120).pdf

Download (5MB)

Abstract

Agata, Vinka Laurista. 2023. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran RADEC Pada Siswa Kelas V MIN 9 Boyolali. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Yogi Kuncoro Adi, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar IPA. Model Pembelajaran RADEC Hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda yang peneliti amati masih rendah dibuktikan dengan nilai siswa yang berada dibawah KKM. Sementara itu, ketuntasan materi perubahan wujud benda sangat mempengaruhi penguasaan siswa terhadap materi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran RADEC pada siswa kelas V MIN 9 Boyolali. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 9 Boyolali Kecamatan Klego Kabupaten Boyolali yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan data pada Siklus I nilai rata-rata 72,72 dengan persentase 67% sementara pada Siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 82,72 dengan persentase 88%. Peningkatan hasil belajar IPA tidak hanya dilihat dari hasil belajarnya saja tetapi juga dapat dilihat dari keterampilan dalam menulis, membaca, kreatif dan mampu mengungkapkan pendapat. Penerapan model pembelajaran RADEC dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi perubahan wujud benda pada ranah pengetahuan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM dan peningkatan nilai rata-rata kelas secara klasikal. Pada akhirnya, penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk menerapkan model RADEC pada materi pembelajaran, kelas, dan sekolah lain dengan mempertimbangkan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 20:18
Last Modified: 19 Oct 2023 20:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item