PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN DESA KENDUREN KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2023

, Ahmad Wijayanto (2023) PEMBINAAN KEDISIPLINAN BERIBADAH DAN KEPEDULIAN SOSIAL PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUT THOLIBIN DESA KENDUREN KECAMATAN WEDUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD WIJAYANTO_23010190345.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI AHMAD WIJAYANTO_23010190345.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk : 1) Mendeskripsikan pembinaan kedisiplinan beribadah pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin. 2) Mendeskripsikan kepedulian sosial pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin. 3) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan kedisiplinan beribadah pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin. 4) Menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat kepedulian sosial pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yakni melalui teknik wawancara yang dilakukan dengan pengasuh, pengurus, ustadz dan santri, teknik observasi yang dilakukan dengan mengamati secara langsung di sekolah terkait dengan kegiatankegiatan kedisiplinan beribadah dan teknik dokumentasi. Analisis Data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mennjukkan bahwa: 1) Pembinaan kedisiplinan beribadah pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin dilakukan melalui kegiatan shalat lima waktu berjamaah, pembagian zakat, puasa, mengaji, tartil Al Qur'an, ziarah makam. Adapun indikator dalam pelaksanaan pembinaan kedisiplinan beribadah yaitu kesadaran diri, tanggung jawab, ketepatan waktu. 2) Pembinaan kepedulian sosial pada santri di pondok pesantren Roudlotut Tholibin dilakukan melalui kegiatan santunan anak yatim dan dhuafa, berqurban, sedekah serta piket harian dan ro'an. Indikator pembinaan kepedulian sosial yaitu memperlakukan orang lain dengan sopan, bertindak santun, mampu bekerjasama, mau terlibat dalam kegiatan masyarakat, menyayangi manusia dan makhluk. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembinaan kedisiplinan beribadah pada santri di pondok pesantren Roudlotut Tholibin yaitu contoh teladan, tata tertib, lingkungan dan sarana prasarana. Untuk faktor penghambat dalam pelaksanaan pembinaan kedisiplinan beribadah yaitu kurangnya kesadaran diri santri dan lingkungan sekitar. 4) Sedangkan Faktor pendukung pembinaan kepedulian sosial yaitu teladan, lingkungan sekitar dan sarana prasarana. Adapun Faktor penghambat pembinaan kepedulian sosial pada santri pondok pesantren Roudlotut Tholibin yaitu kurangnya kesadaran diri santri dan sarana hiburan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 20:22
Last Modified: 19 Oct 2023 20:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18399

Actions (login required)

View Item View Item