PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE “INSIDE OUTSIDE CIRCLE” PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUT THULAB BRAMBANG KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017\2018

Sholechah, Siti (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI METODE “INSIDE OUTSIDE CIRCLE” PADA SISWA KELAS IV MI MIFTAHUT THULAB BRAMBANG KECAMATAN KARANGAWEN KABUPATEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2017\2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi pdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sholechah, Siti. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Campuran Melalui Metode “Inside Outside Circle” (IOC) Pada Siswa Kelas IV MI Miftahut Thulab Brambang, Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Dra. Hj. Siti Farikhah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika dan Metode “Inside Outside Circle” (IOC) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika materi operasi hitung campuran melalui metode “Inside Outside Circle” (IOC) pada siswa kelas IV MI Miftahut Thulab Brambang, Karangawen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Miftahut Thulab Desa Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak yang berjumlah 30 siswa meliputi 16 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan metode observasi (pengamatan). Instrumen berupa tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar, dan lembar observasi digunakan untuk mengamati kegiatan pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif IOC dapat meningkatkan hasil belajar siswa MI Miftahut Thulab Brambang Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2017/2018. Dapat dilihat perolehan hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 19 siswa (63,3%) tuntas belajar dan 11 siswa (36,7%) belum tuntas belajar dengan rata-rata 62,7. Siklus II terdapat 28 siswa (93,3%) siswa tuntas belajar dan 2 siswa (6,7%) belum tuntas belajar dengan rata-rata 75. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari siklus I ke siklus II 30 %.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 02:08
Last Modified: 01 Nov 2017 02:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1840

Actions (login required)

View Item View Item