PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SHOLAWAT KLUBUK DI MADIUN

Susanti, Agustin Indah (2023) PEMANFAATAN INSTAGRAM DALAM MEMBANGUN CITRA PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SHOLAWAT KLUBUK DI MADIUN. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi Agustin Indah Susanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Agustin Indah Susanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Agustin Indah Susanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Agustin Indah Susanti.pdf

Download (2MB)
[img] Text
skripsi Agustin Indah Susanti.pdf

Download (2MB)

Abstract

Susanti, Agustin, Indah. 2023. Pemanfaatan Instagram dalam Membangun Citra Pondok Pesantren Salafiyah Sholawat Klubuk di Madiun. Skripsi, Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Ali Sofyan, M.A. Kata Kunci: Instagram; Citra; Pondok Pesantren Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pondok Pesantren Salafiyah Sholawat Klubuk Madiun dalam membangun citra lembaganya dengan memanfaatkan media sosial Instagram sekaligus untuk mengetahui dampak citra informasi yang dipublikasikan ke media sosial Instagram oleh humas Pondok Pesantren Salafiyah Sholawat Klubuk Madiun. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Adapun pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan di lapangan kemudian dibuat catatan lapangan dan narasi hasil penelitian. Narasi yang dibuat dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data yang telah dianalisis kemudian divalidasi dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Instagram yang dilakukan oleh Pondok Pesantren Salafiyah Sholawat dalam membangun citra meliputi perencanaan Instagram sebagai citra, pengelolaan Instagram sebagai media promosi, penggunaan fitur dalam postingan, mengetahui minat dan daya tarik masyarakat, dan menjadikan Instagram sebagai ruang kebutuhan informasi masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan jumlah pendaftar pada Penerimaan Santri Baru (PSB), informasi tentang kualitas pesantren pada masyarakat, citra pesantren sebagai efek pemanfaatan Instagram, dan peningkatan jumlah follower Instagram pondok pesantren. Hal tersebut sesuai dengan konsep pembentuk citra melalui identitas fisik berupa pemanfaatan media sosial dan konsep tujuan komunikasi pemasaran untuk menyebarkan informasi dan memengaruhi masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Oct 2023 23:54
Last Modified: 19 Oct 2023 23:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18409

Actions (login required)

View Item View Item