PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN BUMN NON KEUANGAN DI BEI TAHUN 2018-2022

Fauziah, Lulu'atul (2023) PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN LEVERAGE TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN BUMN NON KEUANGAN DI BEI TAHUN 2018-2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LULU'ATUL FAUZIAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan leverage terhadap konservatisme akuntansi dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2018-2022. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 16 perusahaan dengan kurun waktu 5 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan kepemilikan institusional tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif signifikan terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan leverage tidak berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Profitabilitas mampu memoderasi dan memperkuat hubungan kepemilikan institusional terhadap konservatisme akuntansi, profitabilitas mampu memoderasi dan memperlemah hubungan kepemilikan manajerial terhadap konservatisme akuntansi, sedangkan profitabilitas tidak mampu memoderasi leverage terhadap konservatisme akuntansi. Saran untuk peneliti selanjutnya, dapat menambahkan tahun penelitian yaitu di atas 5 tahun agar diperoleh hasil yang lebih akurat. Keterbatasan penelitian ini adalah obyek penelitian yang terbatas yaitu hanya 16 perusahaan BUMN non keuangan di BEI.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:00
Last Modified: 20 Oct 2023 02:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item