HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023.

E.P, Devany Rahmadilla (2023) HUBUNGAN PENDAPATAN KELUARGA DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI (MIN) 5 SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DEVANY RAHMADILLA EKA PRASETYO_SKRIPSI_23040190049.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DEVANY RAHMADILLA EKA PRASETYO_SKRIPSI_23040190049.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Prasetyo, D. R. E. 2023. Hubungan Pendapatan Keluarga dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Semarang Tahun ajaran 2022/2023. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar,Pendapatan Keluarga, Motivasi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara pendapatan keluarga dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Permasalahan yang ingin diungkap yaitu: 1) Untuk mengetahui pendapatan keluarga siswa kelas V di MIN 5 Semarang. 2) Untuk mengetahui motivasi siswa kelas V MIN 5 Semarang. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas V MIN 5 Semarang. 4) Untuk mengetahui hubungan pendapatan keluarga terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 5 Semarang. 5) Untuk mengetahui hubungan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN Semarang. 6) Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pendapatan keluarga dan motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN 5 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional.Pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda. Uji validitas angket menggunakan product moment dengan bantuan SPSS versi 29. Hasil kesimpulan penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Pendapatan keluarga berdasarkan uji statistik menunjukan berkategori “Sangat Baik” dapat dilihat jumlah kurang sebanyak 0 (0%), cukup 4 (6%), baik 19 (34%) dan sangat baik 34 ( 60%). 2) Motivasi berkategori “Baik” dapat dilihat dari jumlah kurang sebanyak 1 (1%), cukup 12 (22%), baik 17 (29%) dan sangat baik 27 (48%).3) Hasil belajar menunjukan kategori “Sangat Baik” dapat dilihat dari jumlah kurang sebanyak 0 (0%), cukup 8 (15%), baik 23 (40%) dan sangat baik 26 (45%). 4) Hubungan pendapatan keluarga terhadap hasil belajar ditunjukan dari hasil uji t dimana t hitung > t tabel dengan taraf signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil uji t yaitu 5.428 > 2.0048 dengan taraf signifikansi 0.001 dimana lebih kecil dari 0.05 yang dapat dinyatakan memiliki hubungan. 5) Hubungan motivasi terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V di MIN 5 ditunjukan dari hasil uji t dimana t hitung > t tabel dengan hasil 3.328 > 2.0048 maka dapat dinyatakan memiliki hubungan terhadap hasil belajar. 6) Pendapatan keluarga dan motivasi memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji-f dimana (f hitung > f tabel) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil uji-f yaitu 19.128 > 3.17 maka dapat dinyatakan memiliki hubungan signifikan. Hasil perhitungan regresi menunjukan bahwa koefisien determinasi yang diperoleh sebesar 0.393. Hal ini berarti 39% variasi variabel hasil belajar dapat dijelaskan oleh variabel pendapatan keluarga dan motivasi, sedangkan sisanya sebanyak 61% diterangkan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:46
Last Modified: 20 Oct 2023 02:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18416

Actions (login required)

View Item View Item