MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SOWAN LOR JEPARA

Wijayanti, Tutut (2023) MANAJEMEN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 01 SOWAN LOR JEPARA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIX SKRIPSI TUTUT WIJAYANTI_23040190077 (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Wijayanti, Tutut. 2023. Manajemen Program Pendidikan Inklusi pada Sekolah Dasar Negeri 01 Sowan Lor Jepara. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fatkhur Rozi, M. Pd. Kata kunci : Manajemen, Pendidikan inklusi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengetahui, dan memahami (1) Proses manajemen pada anak berkebutuhan khusus di SD N 01 Sowan Lor Jepara. (2) Kurikulum pendidikan inklusi yang digunakan di SD N 01 Sowan Lor Jepara. (3) Program pembelajaran bagi anak pendidikan inklusi di SD N 01 Sowan Lor Jepara. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan model pendekatan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Yang menjadi sumber data dalam wawancara yaitu kepala sekolah, waka kesiswaan dan guru penanggung jawab. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini dengan menggunakan peningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses manajemen kesiswaan pada anak berkebutuhan khusus diselenggarakan dengan secara teratur, bertahap, dan terencana. Proses penerimaan siswa dilaksanakan setengah bulan lebih awal dari proses penerimaan siswa baru. Kemudian, peserta didik berkebutuhan khusus harus melampirkan bukti hasil assesment guna memenuhi kelengkapan administrasi pendaftaran. (2) Kurikulum yang digunakan dalam pendidikan inklusi adalah kurikulum individu yang sudah di sesuaikan dengan kemampuan setiap siswa (PPI). Penyusunan PPI dilakukan oleh guru pendamping khusus yang sudah mengetahui karakter dari peserta didik. Sehingga dapat menyesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. (3) Program pembelajaran bagi siswa inklusi yang dilaksanakan di SD N 01 Sowan Lor melibatkan kerjasama antara guru kelas dengan GPK, PPI di sesuaikan dengan kemampuan siswa yang dimiliki, baik dengan kemampuan akademik maupun non akademik. Dan tidak hanya itu, penilaian anak reguler dengan anak ABK juga berbeda. Pada anak berkebutuhan khusus, bentuk penilaiannya menggunakan kurikulum merdeka dengan sumativ atau angka yang valid.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:12
Last Modified: 20 Oct 2023 04:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18422

Actions (login required)

View Item View Item