DINAMIKA PROBLEM FOCUSED COPING ORANG TUA DALAM MENGASUH ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BC BINA PUTERA AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG

Arifah, Anggita Hayyu (2023) DINAMIKA PROBLEM FOCUSED COPING ORANG TUA DALAM MENGASUH ANAK AUTISM SPECTRUM DISORDER SISWA SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) BC BINA PUTERA AMBARAWA KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
43040190247 ANGGITA HAYYU.pdf

Download (3MB)
[img] Text
43040190247 ANGGITA HAYYU.pdf

Download (3MB)
[img] Text
43040190247 ANGGITA HAYYU.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui dinamika orang tua yang mengasuh anak autism spectrum disorder di SLB BC Bina Putera Ambarawa, (2) mengetahui bentuk strategi problem focused coping yang dipilih orang tua yang mengasuh anak autism spectrum disorder di SLB BC Bina Putera Ambarawa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) BC Bina Putera Ambarawa, Kabupaten Semarang. Subjek penelitian ini adalah orang tua yang mengasuh anak autis dan telah melakukan problem focused coping. Teknik dan prosedur pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan langsung di SLB BC Bina Putera Ambarawa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dalam mengasuh anak autis, orang tua menghadapi tekanan dari luar maupun dari dalam. Pengasuhan yang dilakukan orang tua dipengaruhi oleh lingkungan, latar belakang pendidikan, sosial dan ekonomi. Jenis pengasuhan yang dilakukan adalah pola pengasuhan otoratif, yaitu pengasuhan yang fleksibel, demokratis dan tegas. (2) dinamika problem focused coping yang dilakukan orang tua dalam mengasuh anak autis tergambar dalam aspek konfrontasi, mencari dukungan sosial dan perencanaan penyelesaian masalah. Latar belakang kesehatan, lingkungan sosial, keterampilan sosial, keyakinan dan finansial mampu mempengaruhi seseorang dalam melakukan problem focused coping.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:51
Last Modified: 20 Oct 2023 04:51
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18425

Actions (login required)

View Item View Item