PEMBINAAN SIKAP WARA’ DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTS YAJRI PAYAMAN, SECANG, MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

anwar, shomad (2023) PEMBINAAN SIKAP WARA’ DAN PERCAYA DIRI PADA SISWA PROGRAM TAHFIDZUL QUR’AN DI MTS YAJRI PAYAMAN, SECANG, MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Shomad wisuda.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Pembinaan sikap wara’ siswa program Tahfidzul Qur’an di MTs Yajri Payaman; 2) Faktor penghambat dalam pembinaan sikap wara’ siswa program Tahfidzul Qur’an di MTs Yajri Payaman; 3) Pembinaan sikap percaya diri siswa program Tahfidzul Qur’an di MTs Yajri Payaman; 4) Faktor penghambat dalam pembinaan sikap percaya diri siswa program Tahfidzul Qur’an di MTs Yajri Payaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer yakni hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru atau pembina dan siswa serta observasi; dan sumber data sekunder berupa dokumen serta foto kegiatan terkait pembinaan sikap wara’ dan sikap percaya diri siswa. Teknik dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di MTs Yajri Payaman memiliki: 1) Pembinaan sikap wara’ meliputi pembinaan melalui keteladanan, pembiasaan, pendekatan, kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan religius; 2) Faktor penghambat pembinaan sikap wara’ meliputi kurangnya pengetahuan siswa, kurangnya kesadaran pada diri siswa, kurangnya pengawasan guru dan keterlibatan orang tua, kurangnya tenaga pendidik dan pembina, siswa dengan background yang beragam; 3) Pembinaan sikap percaya diri meliputi pembinaan melalui pendekatan guru kepada siswa, pemberian motivasi, metode pembelajara aktif dan melalui kegiatan ekstrakurikuler di madrasah; 4) Faktor penghambat pembinaan sikap percaya diri meliputi siswa yang introvert, anggapan siswa bahwa pondok pesantren lebih penting daripada sekolah, dan siswa dengan latar belakang yang beragam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 04:54
Last Modified: 20 Oct 2023 04:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18426

Actions (login required)

View Item View Item