PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA WORDLESS PICTURE BOOK PADA SISWA KELAS ll MI MA’ARIF SRATEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

SALMANIA, AIDA MAURIZKA (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI MEDIA WORDLESS PICTURE BOOK PADA SISWA KELAS ll MI MA’ARIF SRATEN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Aida maurizka Salmania 23040190040 Skripsi PGMI 2019_compressed_compressed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aida Maurizka Salmania 23040190040 PGMI 2019.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aida Maurizka Salmania 23040190040 PGMI 2019.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Aida Maurizka Salmania 23040190040 PGMI 2019.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Salmania, Maurizka, Aida. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Keterampilan Berbicara Melalui Media Wordless Picture Book Pada Siswa Kelas II MI Ma’arif Sraten Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah. M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar; Media Wordless Picture Book Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui media wordless picture book terhadap muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara pada siswa kelas II MI Ma’arif Sraten Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini adalah kelas II dengan jumlah siswa 24 orang. Penelitian Tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya terdapat rangkaian kegiatan masing - masing terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes lisan dan tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar secara individu sebesar 75, dan secara klasikal sebesar ≥ 85% . Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode Bercerita dengan media wordless picture book dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus dengan 25% ketuntasan klasikal. Pada siklus I menunjukan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 42% dengan nilai rata-rata 73, sedangkan pada tindakan siklus II Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 87% dengan nilai rata-rata 86. Dari data tersebut menunjukan bahwa perolehan nilai dari pra siklus sampai dengan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata pra siklus 62 menjadi 86 pada siklus II. Dari kriteria ketuntasan 25% menjadi 87%. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi keterampilan berbicara melalui media wordless picture book pada siswa kelas II MI Ma’arif Sraten Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 05:35
Last Modified: 20 Oct 2023 05:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18430

Actions (login required)

View Item View Item