PEMBINAAN KEPRIBADIAN ISLAMI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MTs N 5 MAGELANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023

KHUSNA, NURUL (2023) PEMBINAAN KEPRIBADIAN ISLAMI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MTs N 5 MAGELANG KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NURUL KHUSNA 23010190399.pdf

Download (3MB)

Abstract

Khusna, Nurul. 2023. Pembinaan Kepribadian Islami dan Kemandirian Belajar pada Siswa MTs N 5 Magelang Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Marwanto, M.Pd. Kata Kunci: Pembinaan, Kepribadian Islami, Kemandirian Belajar Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembinaan kepribadian islami, pembinaan kemandirian belajar, faktor pendukung pelaksanaan pembinaan kepribadian islami dan kemandirian belajar, dan faktor penghambat pelaksanaan pembinaan kepribadian islami dan kemandirian belajar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik MTs Negeri 5 Magelang. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik supaya mendapatkan data yan valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembinaan kepribadian islami yaitu menggunakan metode secara umum dan pendidikan, pembinaan kemandirian belajar meliputi kegiatan ekstrakurikuler, kelas prestasi, memberikan tugas belajar,mengadakan praktek, faktor pendukung pembinaan kepribadian islami dan kemandirian belajar meliputi: kesadaran diri dan kemauan peserta didik, serta sarana prasaran yang memadai, dan faktor penghambat pembinaan kepribadian islami dan kemandirian belajar meliputi: pola asuh serta latar belakang pendidikan dasar yang berbeda-beda, dan kelabilan emosional peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 14:24
Last Modified: 20 Oct 2023 14:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18435

Actions (login required)

View Item View Item