BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI SHALAT DZUHUR BERJAMA'AH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG

Cahyaningrum, Ines (2023) BIMBINGAN KLASIKAL MELALUI SHALAT DZUHUR BERJAMA'AH UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ines skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ines skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ines skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ines skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cahyaningrum, Ines 2023. Bimbingan Klasikal Melalui Shalat Dzuhur Berjamaah untuk Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa Kelas XI di SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal; Shalat Dzuhur Berjamaah; Kedisiplinan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kedisiplinan belajar siswa, pelaksanaan bimbingan klasikal, dan efektivitas bimbingan klasikal melalui shalat dzuhur berjamaah untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Jenis ekseprimen yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa kelas XI SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang yang berjumlah 150. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu cluster sampling yang menghasilkan dua kelas dengan jumlah 60 siswa yakni kelas XI IPA 1 berjumlah 30 siswa dan XI IPA 2 berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t test. Tingkat kedisplinan belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang termasuk dalam kategori sedang dibuktikan dengan data pretest yang diperoleh dengan jumlah rata-rata 65,8 untuk kelas eksperimen dan 64,23 untuk kelas kontrol, dan kelas eksperimen yang meningkat setelah diberikan bimbingan klasikal yang dibuktikan dengan data posttest yang diperoleh dengan rata-rata 73,6 untuk kelas eksperimen dan 65,2 untuk kelas kontrol. Pelaksanaan bimbingan klasikal dilakukan selama 5 kali pertemuan. Efektifitas bimbingan klasikal melalui shalat dzuhur berjama'ah terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kedisplinan belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang dengan hasil uji independent sample t test, yang diperoleh nilai t 5.334 dan diperoleh sig (2-tailed) berjumlah 0,000, yang berarti lebih kecil dari ɑ < 0,05 dari hasil tersebut ditolak dan diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bimbingan klasikal melalui shalat dzuhur berjamaah berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kedisplinan belajar siswa kelas XI di SMA N 1 Susukan Kabupaten Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 15:26
Last Modified: 20 Oct 2023 15:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18437

Actions (login required)

View Item View Item