KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN SELF-REGULATED LEARNING KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

hasna, Gusti jauza (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PISA KONTEN CHANGE AND RELATIONSHIP BERDASARKAN SELF-REGULATED LEARNING KELAS VIII SMP NEGERI 1 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
REVISI SKRIPSI GUSTI JAUZA HASNA 20-10-2023.pdf

Download (5MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI GUSTI JAUZA HASNA 20-10-2023.pdf

Download (5MB)
[img] Text
REVISI SKRIPSI GUSTI JAUZA HASNA 20-10-2023.pdf

Download (5MB)

Abstract

Hasna, Gusti, Jauza. 2023. Proses Berpikir Komputasional Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Change And Relationship Berdasarkan Self-Regulated Learning Kelas Viii Smp Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Sudi Tadris Matematika, Universtas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saiful Marom, S.Si.,M.Sc. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan berpikir komputasional siswa dalam menyelesaikan soal PISA konten change and relationship berdasarkan self-regulated learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang. Pengumpulan data menggunakan angket, instrument tes dan wawancara semi terstruktur. Analisis data pada penelitian ini meliputi, pengumpulan data, reduksi data yang disajikan dalam bentuk teks dan penarikan kesimpulan Kemampuan berpikir komputasional siswa dilihat melalui indikator, antara lain dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma. Hasil penelitian menginformasikan bahwa kemampuan berpikir komputasional siswa yang mempunyai tingkat self-regulated learning tinggi dan sedang, menunjukkan kategori sangat baik 2 siswa dengan persentase skor hasil jawaban lebih dari 91%, kategori baik 2 siswa dengan persentase skor hasil jawaban lebih dari 65%. Pada siswa dengan kategori sangat baik pada kemapuan berpikir komputasiol sudah mampu memenuhi semua indikator, peserta didik kategori baik pada kemampuan berpikir komputasional sudah mampu memenuhi sebagian besar indikator namun kurang sempurna pada indikator abstraksi dan berpikir algoritma.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 17:18
Last Modified: 20 Oct 2023 17:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18449

Actions (login required)

View Item View Item