OPTIMALISASI TUGAS DISNAKER DALAM MENGATASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK MENURUT UU NO.2 TAHUN 2004 (Studi Kasus di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang Tahun 2022)

Alhusna, Izza Rizqi (2023) OPTIMALISASI TUGAS DISNAKER DALAM MENGATASI PEMUTUSAN HUBUNGAN KERJA (PHK) SEPIHAK MENURUT UU NO.2 TAHUN 2004 (Studi Kasus di Dinas Tenaga Kerja Kota Semarang Tahun 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IZZA RIZQI ALHUSNA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Optimalisasi tugas Disnaker Kota Semarang dalam mengatasi PHK Sepihak memiliki beberapa kebijakan, PHK sepihak yang dialami oleh buruh/pekerja pastinya menimbulkan ketidak adilan karena tidak didapatkannya hak-hak yang sehrusnya di tunaikan oleh perusahaan, dari sini Disnaker memiliki peran penting bagaimana supaya keadilan didapatkan oleh buruh/pekerja yang terkena PHK seihak. Dalam penelitian ini juga melihat penyelesaian PHK oleh Disnaker dari UU No 2 Tahun 2004. Tujuan yang ingin didapat dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui perselisihan PHK yang diselesaikan di Disnaker Kota Semarang tahun 2022, dan juga untuk mengetahui optimalisasi tugas Disnaker dalam mengatasi PHK sepihak menurut UU No.2 Tahun 2004. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang berupa kata- kata tertulis atau lisan dari orang yang diamati. Peneliti kualitatif yaitu dengan mencari informasi- informasi yang ada di Disnaker Semarang mengenai optimalisasi tugas disnaker dalam mengatasi PHK sepihak menurut UU No.2 Tahun 2004 dengan kasus yang belum lama terjadi untuk dijadikan kajian Penulis untuk diteliti. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Disnaker Kota Semarang dalam menyelesaikan kasus PHK sudah optimal walau dalam penyelesaian hanya menggunakan bipartit dan mediasi saja, jika dilihat dari UU No 2 Tahun 2004 yang dalam penyelesaiannya melalui tahap bipartit, mediasi,arbitrase, konsiliasi, disini Disnaker tidak memberlakukan arbitrase dan konsiliasi, tapi penyelesaian PHK di Disnaker dengan bipartit dan tripartit/mediasi saja lalu selesai melalui perjanjian bersama, anjuran, dan risalah. Dalam penelitian ini disnaker juga memiliki faktor pendukung dan penghambat dalam menyelesaikan PHK, serta Disnaker juga memiliki kebijakan untuk meminimalisir terjadinya PHK yang terus terjadi di Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 18:01
Last Modified: 20 Oct 2023 18:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18453

Actions (login required)

View Item View Item