PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NARASI SEJARAH KELAS V MIN 11 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

AMBARWATI, INTAN (2023) PENGEMBANGAN MEDIA SCRAPBOOK TEKS PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI TEKS NARASI SEJARAH KELAS V MIN 11 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
cetak CD intan (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Ambarwati, Intan. 2023. Pengembangan Media Scrapbook Teks Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Narasi Sejarah kelas V MIN 11 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan;Media Scrapbook teks;Teks Narasi Sejarah Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengembangkan media Scrapbook teks pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks narasi sejarah kelas V MIN 11 Boyolali. 2) untuk menguji kelayakan media Scrapbook teks pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi teks narasi sejarah kelas V MIN 11 Boyolali. Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan dengan mengembangkan produk baru yang inovatif berdasarkan analisis kebutuhan. Pada penelitian ini, tahapan pengembangan hanya mencakup sampai pada tahap Development/Pengembangan dengan uji coba terbatas dan belum sampai tahap implementasi dan tahap evaluasi. Instrument penelitian yang digunakan angket respon siswa dan angket validasi ahli. Hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan peneliti menghasilkan produk media Scrapbook teks yang dikemas menarik sehingga membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan dan tidak membuat bosan. Hasil uji validasi kelayakan media termasuk dalam kategori layak dengan nilai presentase 80%. Sedangkan hasil penilaian angket siswa yaitu 85% dari 20 siswa memberi tanggapan sangat setuju berarti respon siswa kelas V dalam pembelajaran menggunkan media Scrapbook teks adalah positif. Peneliti menggunakan uji N- Gain untuk membandingkan hasil perolehan pretest dan posstets, didapati nilai 0,85 yang berkategori tinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 20:08
Last Modified: 20 Oct 2023 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18461

Actions (login required)

View Item View Item