PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C SMP PLUS AL-ITTIHAD PONCOL BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Mala, Linta Nur (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII C SMP PLUS AL-ITTIHAD PONCOL BRINGIN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI LINTA NUR MALA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media audio visual dalam materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia pada mata pelajaran IPA kelas VIII C SMP Plus Al-Ittihad Poncol Bringin Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus mengikuti alur desain Kemmis & Mc Taggart masing-masing siklus terdapat empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. PTK digunakan untuk memperbaiki jalannya pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII C yang terdiri dari 35 siswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran cooperative learning tipe STAD dengan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi struktur dan fungsi sistem pernapasan manusia kelas VIII C SMP Plus Al-Ittihad Poncol Bringin tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase ketuntasan dan rata-rata kelas. Pada pra siklus ketuntasan kelas sebesar 42.8% (15 siswa) dengan rata-rata kelas 64.2. Pada siklus I persentase ketuntasan meningkat menjadi 65.7% (23 siswa) dengan rata-rata kelas 68.5. Siklus II persentase ketuntasan kembali meningkat menjadi 100% (35 siswa) degan rata-rata 86.2.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 20:49
Last Modified: 20 Oct 2023 20:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18466

Actions (login required)

View Item View Item