PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS METODE LALARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL NADZOM ALFIYYAH IBNU MALIK SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA SALATIGA

Sofiana, Nala Vikriya (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS METODE LALARAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL NADZOM ALFIYYAH IBNU MALIK SANTRI PONDOK PESANTREN PANCASILA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
NALA VIKRIYA Sofiana_23080190079_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NALA VIKRIYA SOFIANA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NALA VIKRIYA SOFIANA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NALA VIKRIYA SOFIANA_BKPI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
NALA VIKRIYA SOFIANA_BKPI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nala Vikriya Sofiana. 2023 Pengaruh Bimbingan Kelompok Berbasis Metode Lalaran untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Nadzom Alfiyyah Ibnu Malik Santri Pondok Pesantren Pancasila Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Lalaran, Motivasi Menghafal. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengklasifikasikan tingkat motivasi menghafal nadzom Alfiyyah Ibnu Malik santri Pondok Pesantren Pancasila Salatiga. (2) Mendiskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok berbasis lalaran untuk meningkatkan motivasi menghafal nadzom Alfiyah Ibnu Malik santri Pondok Pesantren Pancasila Salatiga. (3) Menguji pengaruh bimbingan kelompok berbasis lalaran untuk meningkatkan motivasi menghafal nadzom Alfiyah Ibnu Malik santri Pondok Pesantren Pancasila Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan desain Pre- Experimental Design One-Group Pretest-Posttest Design yang dilakukan dengan tahapan Pretest, Treatment, dan Posttest. Sumber informasi dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket permyataan. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 29 santri kelas Alfiyyah 1, selanjutnya diambil sampel dengan metode purposive sampling. Berdasarkan metode yang digunakan diperoleh sampel yang terdiri dari 8 santri yang memiliki tingkat motivasi menghafal rendah. Analisis data menggunakan uji paired sample t-test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) tingkat motivasi menghafal nadzom Alfiyyah Ibnu Malik sebelum diberi treatment yaitu ada 8 santri kategori motivasi rendah dengan presentase 27,58%, 11 santri kategori motivasi sedang dengan presentase 37,93%, dan 10 santri kategori motivasi tinggi dengan presentase 34,49 %. (2) Pelaksanaan layanan bimbingan konseling berbasis lalaran dilakukan pertemuan sebanyak tiga kali dilakukan dengan bimbingan kelompok berbasis metode lalaran dengan melewati 6 tahapan yaitu observasi, identifikasi dan penetapan target, penentuan strategi, komitmen, pelaksanaan treatment, dan yang terakhir evaluasi. Treatment dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan. (3) Berdasarkan hasil uji paired sample t Test sebelum dan setelah perlakuan diperoleh signifikasi (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan hasil uji independet sample t Test ditemukan thitung sebesar 20,722 ttabel > 1,813 maka dapat disimpulkan bimbingan kelompok berbasis lalaran efektif untuk meningkatkan motivasi santri dalam menghafal nadzom Alfiyyah Ibnu Malik di Pondok Pesantren Pancasila Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 21:24
Last Modified: 20 Oct 2023 21:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18469

Actions (login required)

View Item View Item