Strategi Promosi Islamic Branding Media Sosial Instagram Bakso Mbledos Pujasera Salatiga Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan

Zulianti, Rosyida (2023) Strategi Promosi Islamic Branding Media Sosial Instagram Bakso Mbledos Pujasera Salatiga Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSI_FULL.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan pesat mengenai promosi telah mengubah lanskap dalam dunia bisnis. Tentang promosi yang sebelumnya bersifat tradisional, kini sudah terintegrasi dalam dunia digital. Ruang komunikasi pada promosi tradisional bersifat statis dan satu arah. Sedangkan, promosi digital bersifat dinamis dan dua arah. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana strategi promosi islamic branding melalui media sosial instagram bakso Mbledos Pujasera Salatiga dalam membangun loyalitas pelanggan (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat promosi islamic branding melalui media sosial instagram bakso Mbledos Pujasera Salatiga dalam membangun loyalitas pelanggan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu data dari hasil wawancara. Dan sumber data sekundernya yaitu berupa data dari akun instagram @baksombledossalatiga. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi utama dalam promosi islamic branding melalui media sosial adalah menggunakan prinsip-prinsip utama yaitu eksistensi, konsisten dalam memposting, menggunakan hastag, mencari target, dan menentukan kriteria konten. Selain itu dalam pembuatan video konten yang perlu diperhatikan, adalah konten harus update, memperhatikan jam posting, resolusi, editing, dan durasi video. Dan menerapkan dasar agama Islam yaitu menghindari adanya promosi palsu. (2) Faktor pendukungnya adalah adanya penerapan teori dasar pada bisnis yaitu teori 5P (product, price, promotion, place, person). Faktor penghambatnya adalah adanya kebebasan masyarakat dalam memberikan komentar serta adanya platform yang bersifat umum dan terbuka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 21:44
Last Modified: 20 Oct 2023 21:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18473

Actions (login required)

View Item View Item