PERAN POKDARWIS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KALI ODO DESA GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

ALFATAH, MUALI (2023) PERAN POKDARWIS DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN WISATA KALI ODO DESA GEDANGAN KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Muali Alfatah_Skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muali Alfatah_Skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muali Alfatah_Skripsi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muali Alfatah_Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah utuk mengetahui bagaimana peran pemberdayaan yang dilakukan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Sumber Mas Kali Odo dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pengembagan wisata Kali Odo Desa Gedangan Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode field research. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara ketua pokdarwis, anggota , pemerintah dan wisatawan, serta sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan pokdarwis, foto-foto keadaan wisata, dan foto pengunjung. Pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pokdarwis memfasilitasi dengan menyediakan lapangan pekerjaan dan lahan untuk masyarakat yang mau berusaha untuk memberdayakan masyarakat. Melakukan kegiatan edukatif berupa pelatihan. Mewakili suara masyarakat, mengelola dan memanfaatkan potensi lokal yang ada di Desa Gedangan dengan baik. Serta membuat perubahan yang terhadap Desa Gedangan dan masyarakatnya yang ada di sekitar wisata Kali Odo, dengan meningkatnya perekonomian masyarakat yang ada disekitaran wisata Kali Odo dengan melakukan pengembangan-pengembangan wisata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2023 21:54
Last Modified: 20 Oct 2023 21:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18474

Actions (login required)

View Item View Item