PERAN KH MA’SUM JAZULY DALAM PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI MASYARAKAT DUSUN ROWOPOLO DESA ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 1960-2010

Nurja'ani, Irma (2023) PERAN KH MA’SUM JAZULY DALAM PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI MASYARAKAT DUSUN ROWOPOLO DESA ROWOSARI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 1960-2010. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_IRMA_NURJA'ANI_53010190068.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_IRMA_NURJA'ANI_53010190068.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI_IRMA_NURJA'ANI_53010190068.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nurja’ani, Irma. 2023. PERAN KH. MA’SUM JAZULY DALAM PERUBAHAN SOSIAL KEAGAMAAN DI MASYARAKAT DUSUN ROWOPOLO, DESA ROWOSARI, KECAMATAN TUNTANG, KABUPATEN SEMARANG TAHUN 1960-2010. Skripsi. Salatiga: Program Studi Sejarah Peradaban Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Universitas Negeri Salatiga 2023. Pembimbing: Yassirly Amrona Rosyada, M.P.I. Kata Kunci: KH. Ma’sum Jazuly, Perubahan Rowopolo Skripsi ini berjudul “Peran KH. Ma’sum Jazuly Dalam Perubahan Sosial Keagamaan Di Masyarakat Dusun Rowopolo, Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 1960-2010”. Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini meliputi kondisi masyarakat Dusun Rowopolo baik dari segi sosial, keagamaan, mapun pendidikannya dari tahun 1960 hingga sekarang sebagai wujud perbandingan, perjalanan hidup KH. Ma’sum Jazuly serta peran-peran KH. Ma’sum Jazuly terhadap perubahan masyarakat Dusun Rowopolo. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana perbandingan kondisi masyarakat dusun Rowopolo baik dari segi sosial, keagamaan, dan pendidikannya daritahun 1960 hingga sekarang, dan bagaimana perjalanan hidup KH. Ma’sum Jazuly yang sangat berperan dalam pembangunan di dusun Rowopolo serta peran-peran KH. Ma’sum Jazuly. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah. Penelitian ini membahas tentang peran KH. Ma’sum Jazuly terhadap perubahan suatu lingkup masyarakat di sebuah Dusun dalam bidang sosial, keagamaan, dan bidang pendidikannya. Tahapandalam metode penelitian sejarah yaitu: (1) Heuristik atau pengumpulan data, (2) Verifikasi atau kritik, (3) Interpretasi atau analisis fakta sejarah, dan (4) Historiografi atau penulisan sejarah. Hasil dari penulisan skripsi ini menyimpulkan bahwa: (1) masyarakat Dusun Rowopolo pada tahun 1960 masih dikatakan sebagai masyarakat yang masih terpuruk. Walaupun banyak dari mereka yang sudah beragama Islam namun, masih banyak dari mereka yang melakukan kegiatan-kegiatan yang dilarang oleh Agama Islam. Merka masih sering melakukan melakukan hal-hal yang berbau syirik seperti memakai sesajen di tempat-tempat tertentu. (2) setelah adanya KH. Ma’sum Jazuly, keadaan masyarakat Dusun Rowopolo mulai mengalami perubahan dengan dakwah-dakwahnya yang mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat awam saat itu. (3) KH. Ma’sum Jazuly juga melakukan pembangunan untuk pendidikan formal maupun non formal. KH. Ma’sum Jazuly berperan dalam pembangunan madrasah pertama di Dusun Rowopolo sebagai wadah untuk melangsungkan dakwahnya melalui bidang pendidikan formal. Tidak hanya di pendidikan formal saja, beliau juga membangun pondok pesantren guna untuk memperbaiki kondisi keagamaan pada saat itu. Dengan adanya hal tersebut menjadikan masyarakat Dusun Rowopolo mulai mengalami perubahan menjadi lebih baik seperti sekarang ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2023 01:36
Last Modified: 21 Oct 2023 01:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18479

Actions (login required)

View Item View Item