STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Dzaqilla, Devia (2023) STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN REACT DENGAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI GETARAN, GELOMBANG, DAN BUNYI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 TENGARAN TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)
[img] Text
Devia Dzaqilla 23060190057 (Skripsi fix).pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbandingan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT dan Discovery Learning materi getaran, gelombang, dan bunyi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tengaran. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa teknik cluster sampling, yaitu kelas VIII I sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII H sebagai kelas Eksperimen II. Instrumen pada penelitian ini berupa soal tes yang sudah diperiksa keabsahannya melalui uji reliabilitas, uji validitas, uji daya pembeda, dan uji tingkat kesukaran soal. Nilai pretest dan posttest dianalisis melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t-test (Simple T-Tes) dengan menggunakan program SPSS versi 26.0. Instrumen non tes pada penelitian ini berupa lembar observasi dan angket yang berguna untuk melihat respon peserta didik setelah menerapkan model pembelajaran REACT dan Discovery Learning. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 43,34 dan 34,78. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II sebesar 75,81 dan 70,41. Berdasarkan hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 3,65 > ttabel 1,67 dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,001 < 0,05. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya, terdapat perbedaan antara hasil belajar kelas yang menggunakan model pembelajaran REACT dengan kelas yang menggunakan model Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2023 05:27
Last Modified: 21 Oct 2023 05:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18483

Actions (login required)

View Item View Item