PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII A SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sekarningrum, Avinda Ayu (2023) PENERAPAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) MENGGUNAKAN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA KELAS VII A SMP NEGERI 6 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Avinda Ayu (101) T. IPA'19 .pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Avinda Ayu (101) T. IPA'19 .pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan model Guided Inquiry materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia kelas VII A SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menerapkan empat tahapan yaitu planning, action, observation, dan reflection yang dilakukan sebanyak dua siklus. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis berbentuk pilihan ganda, observasi kinerja guru, observasi peserta didik, angket respon peserta didik, dokumentasi kegiatan, dan catatan lapangan. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII A yang berjumlah 32 peserta didik, dengan 18 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 12,5% yang dapat dilihat dari tindakan siklus I dengan rata-rata nilai hasil belajar 84,09 dan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 75%. Sementara hasil tindakan pada siklus II diperoleh hasil yang lebih baik dengan ratarata nilai 87,5 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 87,5%. Penelitian dikatakan berhasil apabila ≥ 85% dari total peserta didik dalam kelas memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) menggunakan model Guided Inquiry materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar IPA kelas VII A SMP Negeri 6 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2023 14:57
Last Modified: 21 Oct 2023 14:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18485

Actions (login required)

View Item View Item