Implementasi Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas V MI Ma'arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023

Azahra, Aulia (2023) Implementasi Pembelajaran Literasi Baca Tulis Pada Siswa Kelas V MI Ma'arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AULIA A 23040190067.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA A 23040190067.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA A 23040190067.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI AULIA A 23040190067.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azahra, Aulia. 2023. Implementasi Pembelajaran Literasi Baca Tulis pada Siswa Kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran literasi baca tulis Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan implementasi pembelajaran literasi baca tulis; 2) mendeskripsikan faktor-faktor pendukung pembelajaran literasi baca tulis; dan 3) faktor-faktor penghambat implementasi literasi baca tulis yang difokuskan pada siswa kelas V di MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru wali kelas V, dan siswa kelas V. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) implementasi pembelajaran literasi baca tulis pada siswa kelas V MI Ma’arif Tingkir Lor Kota Salatiga diterapkan di seluruh bidang pengajaran. Kegiatan yang berdasarkan pada kegiatan baca-tulis dikembangkan menjadi berpikir kritis, menalar, serta mengkomunikasikan, yang diawali dengan perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru. Kegiatan-kegiatan literasi dalam pembelajaran tersebut antara lain: a) pembiasaan-pembiasaan berliterasi yang diterapkan oleh guru; b) kegiatan mengamati suatu teks bacaan dan menyimak penjelasan guru; c) kegiatan bertanya akan sesuatu yang berkaitan dengan pelajaran; d) kegiatan menuliskan atau membuat suatu karya seperti puisi, pantun maupun cerpen; dan e) kegiatan dimana siswa dalam pelajaran diminta untuk mengumpulkan, mengolah, serta mengkomunikasikan suatu informasi. 2) faktor-faktor pendukung dari pembelajaran literasi baca tulis ini diantaranya: a) sarana prasarana yang menunjang; b) guru yang berkompeten dalam berliterasi; c) adanya dukungan orang tua atau keluarga; d) pembiasaan yang menunjang berliterasi; e) kondisi kelas yang kondusif. 3) Sedangkan faktor-faktor penghambatnya, ialah: a) tingkat pemahaman dan kemampuan siswa yang berbeda; b) kurangnya minat dan motivasi belajar siswa; c) guru yang kurang maksimal dalam mempersiapkan dan melaksanakan pembelajaran; d) kurangnya dukungan orang tua atau keluarga; dan e) kelas yang tidak kondusif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Oct 2023 20:41
Last Modified: 21 Oct 2023 20:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18492

Actions (login required)

View Item View Item