EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMPN 5 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023

P, FIGA SUKMA AJI SATRIA (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN MEDIA POWER POINT PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS VIII SMPN 5 SALATIGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Figa Sukma Aji Satria Perkasa 23060190111.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkasa, Figa Sukma Aji Satria Perkasa. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Media Power Point Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 5 Salatiga Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Guru Mata Pelajaran Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhiyahrini, M.Si. Kata kunci: Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing; Media Power Point; Kemampuan Berpikir Kreatif Tujuan penelitian adalah mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Salatiga tahun ajaran 2022/2023 melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media power point pada materi sistem pernapasan manusia dan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan media power point pada materi sistem pernapasan manusia terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Salatiga tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang dipakai yaitu penelitian eksperimen yang berdasarkan metode kuantitatif dengan desain dari penelitian pre-experimental memakai bentuk one group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 5 Salatiga. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A berjumlah 29 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu tes, non tes dan dokumentasi. Data tes diperoleh dari pretest dan posttest sedangkan, data non tes diperoleh dari angket respon siswa terhadap model pembelajaran. Teknik analisis data yang diguanakan pada penelitian ini ialah uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan SPSS Statistics 22. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai pretest siswa kategori sangat kurang sejumlah 5 siswa, kategori kurang 13 siswa dan kategori cukup 11 siswa, lalu pada hasil posttest mengalami peningkatan dengan hasil bahwa nilai siswa kategori cukup 3 siswa, kategori baik 13 siswa, dan kategori sangat baik 13 siswa. Setelah dilakukan pengujian menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test menggunakan SPSS Statistics 22 diperoleh nilai Asymp. Sig. (2–tailed) bernilai 0,000. Diketahui nilai Whitung < Wtabel diperoleh hasil, 0,00 < 126, maka dari itu dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena 0,000 < 0,05. Jadi dapat dinyatakan bahwa penggunaan model inkuiri terbimbing dengan media power point pada materi sistem pernapasan manusia efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMPN 5 Salatiga tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2023 04:08
Last Modified: 22 Oct 2023 04:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item View Item