EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK SELF-INSTRUCTION BERDASARKAN Q.S AL-MUJADILAH AYAT 11 DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG

Ni'mah, Fitriatun (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEKNIK SELF-INSTRUCTION BERDASARKAN Q.S AL-MUJADILAH AYAT 11 DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 3 SURUH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FITRIATUN NI'MAH-BKPI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ni’mah, Fitriatun. 2023. Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Self-Instruction Berdasarkan Q.S AL-Mujadilah Ayat 11 dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 3 Suruh Kabupaten Semarang. Skripsi, Salatiga: Jurusan Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Widayati Lestari, M.Psi. Kata Kunci : Bimbingan Klasikal, Self-Instruction, Q.S Al-Mujadillah Ayat 11, Kejenuhan Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kejenuhan belajar yang dialami siswa kelas VIII SMPN 3 Suruh, bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan klasikal teknik self- instruction berdasarkan Q.S Al-Mujadilah ayat 11 dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Suruh, dan apakah layanan bimbingan klasikal teknik self-instruction - berdasarkan Q.S al-mujadilah ayat 11 efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII SMPN 3 Suruh. Desain penelitian ini adalah pra eksperimen one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII D, VIII E, dan VIII F dengan jumlah keseluruhan 63 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling, yakni kelas VIII D dengan jumlah 23 siswa. Instrument penelitian menggunakan lembar kuersioner/angket kejenuhan belajar. Pengumpulan data ini dilakukan dengan kuersioner/angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diuji dengan menggunakan uji normalitas dan uji paired sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kondisi kejenuhan belajar yang dialami siswa kelas VIII SMPN 3 Suruh ditandai dengan kelelahan fisik, kelelahan emosional, kelelahan kognitif, dan kehilangan motivasi. Tingkat kejenuhan belajar yang tergolong tinggi paling banyak ditemui di kelas VIII D dengan kategori rendah sebanyak 30,43% (7 siswa), kategori sedang sebanyak 26,0%(6 siswa), dan kategori tinggi sebanyak 43,47% (10 siswa). 2)pelaksanaan layanan bimbingan klasikal teknik self-instruction berdasarkan Q.S Al- Mujadilah ayat 11 dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa, dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif bahwa tingkat kejenuhan belajar setelah diberikan layanan bimbingan klasikal teknik self-instruction berdasarkan Q.S Al- Mujadilah ayat 11 dalam kategori rendah sebanyak 47,83% (11 siswa), kategori sedang 30,43% (7 siswa), dan kategori tinggi sebanyak 21,74% (5 siswa). 3) Layanan bimbingan klasikal teknik self-instruction berdasarkan Q.S Al-Mujadilah ayat 11 efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa dilihat dari menurunnya nilai sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Menurut hasil rata-rata nilai pretest 56,26 dan posttest 39,26. Berdasarkan tabel output hasil uji paired sample test, diperoleh nilai sig= 0.000, yang berarti lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima, dimana terdapat perbedaan tingkat kejenuhan belajar siswa sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan klasikal teknik self-instruction berdasarkan Q.S Al-Mujadilah ayat 11.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Oct 2023 17:54
Last Modified: 22 Oct 2023 17:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18500

Actions (login required)

View Item View Item