TRANSAKSI AKAD KERJASAMA ANTARA YOUTUBE DAN YOUTUBER PERSPEKTIF FIQIH MAZHAB (STUDI KASUS YOUTUBER DI KECAMATAN SEDAN, KABUPATEN REMBANG)

Nandalifah, Bibin Asfi (2023) TRANSAKSI AKAD KERJASAMA ANTARA YOUTUBE DAN YOUTUBER PERSPEKTIF FIQIH MAZHAB (STUDI KASUS YOUTUBER DI KECAMATAN SEDAN, KABUPATEN REMBANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
final bibin an.pdf

Download (2MB)
[img] Text
final bibin an.pdf

Download (2MB)
[img] Text
final bibin an.pdf

Download (2MB)
[img] Text
final bibin an.pdf

Download (2MB)
[img] Text
final bibin an.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nandalifah, Bibin Asfi. 2023. Transaksi Akad Kerjasama Youtube Dan Youtuber Perspektif Fiqih Madzhab (Studi Kasus Youtuber Di Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang). Fakultas Syari’ah. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Heri Mahfudi, M.H. Kata Kunci: Akad, Youtube, Fiqih Madzhab Penelitian ini mengkaji tentang mekanisme akad Youtube dan Youtuber dalam perspektif fiqih madzhab. Mekanisme Youtube berbeda dengan mekanisme bisnis pada umumnya. Perbedaan tersebut terlihat dari keterlibatan advertiser, Google, dan Publisher yang terikat dalam sebuah sistem kontrak secara Online. Fokus dalam penelitian ini adalah untuk menjawab dua persoalan, yaitu: 1) bagaimana mekanisme akad kerjasama antara Youtube dan Youtuber? 2) bagaimana pandangan fiqh empat madzhab terhadap akad kerjasama antara youtube dan youtuber? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif-analitis dengan menggunakan pola pendekatan fiqih madzhab. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode wawancara dengan Youtuber yang ada di Kecamatan Sedan, Kabupaten Rembang. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan, yaitu dengan mereduksi data yang diperoleh dari hasil penelitian, memaparkan data dan menarik kesimpulan atas data tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme akad kerjasama antara youtube dan youtuber melibatkan proses pendaftaran dan persetujuan dari Google Adsense, dimana pemilik platform harus mematuhi kebijakan dan pedoman yang ditetapkan oleh Google. Setelah perjanjian kerjasama terbentuk, Google Adsense akan memberikan kode iklan kepada pemilik platform yang perlu ditempatkan pada halaman tertentu. Iklan ini akan ditampilkan kepada pengunjung platform, dan pendapatan akan dihasilkan berdasarkan jumlah klik atau tayangan iklan. Dalam pandangan Madzhab Hanafi, Madzhab Maliki, dan Madzhab Hambali, akad kerjasama yang terjadi antara Youtube dan youtuber termasuk dalam akad syirkah ‘abdan. Akad tersebut diperbolehkan karena transaksi yang terjadi dapat saling menguntungkan antara masing-masing pihak dengan mengandalkan tenaga professional. Namun menurut Madzhab Syafi’i akad tersebut tidak diperbolehkan, karena syirkah harus melibatkan modal materi, dan dikhawatirkan akad syirkah abdan yang terjadi dalam sistem Program Mitra Youtube mengandung unsur gharar (ketidakpastian)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 01:20
Last Modified: 23 Oct 2023 01:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18505

Actions (login required)

View Item View Item