PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4 TAHUN DI PAUD BAITUSSHIBYAAN SRUMBUNG KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SAFITRI, WYKKE (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MEDIA BERMAIN KARTU ANGKA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4 TAHUN DI PAUD BAITUSSHIBYAAN SRUMBUNG KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
weyke.pdf

Download (3MB)

Abstract

Safitri,Wykke. 2017 Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Bermain Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia 4 Tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr Budiyono Saputro, M.Pd. Kata kunci: Lambang Bilangan, Media Bermain, Kartu Angka Bergambar Menurut UU No. 20 Tahun 2003, pasal 1, butir 14, PAUD adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan melalui penggunaan media bermain kartu angka bergambar pada anak usia 4 tahun di PAUD Baitusshibyaan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 4 tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif partisipatif dengan menggunakan model penelitian Kemmis dan MC Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4 tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung yang berjumlah 10 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan lembar kerja anak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu angka bergambar dapat diserap anak dengan mudah serta dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Pada pra siklus tindakan sebesar 40% Kemudian pada siklus I rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak sebesar 65%. Pada siklus II rata-rata kemampuan mengenal lambang bilangan mencapai 87%. Selisih peningkatan dari pra tindakan dan siklus I sebesar 25% kemudian selisih peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 22%. Berdasarkan data hasil Penelitian Tindakan Kelas tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa melalui media kartu angka bergambar dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada Anak Usia 4 tahun di PAUD Baitusshibyaan Srumbung Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2016/2017 telah terbukti dan dapat diterima kebenarannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudhatul Atfal
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2017 03:23
Last Modified: 01 Nov 2017 03:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1851

Actions (login required)

View Item View Item