EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

istianah, Umdu khatul (2023) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PELUANG SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Umdu Khatul Istianah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Umdu Khatul Istianah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Umdu Khatul Istianah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Umdu Khatul Istianah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Umdu Khatul Istianah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa materi peluang kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk pada penelitian true eksperimental dengan desain pretest-posttest control group desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023, sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VIII G (Kelas Kontrol) dan kelas VIII H (Kelas Eksperimen). Pengambilan sampel tersebut berdasarkan metode teknik probability sampling jenis cluster random sampling. Adapun variabel bebas pada penelitian ini adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis group investigation (GI) dan hasil belajar siswa merupakan variabel terikatnya. Instrumen penelitian menggunakan soal tes, angket dan dokumentasi. Soal tes diuji menggunakan uji validitas, uji reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji one sample t-test, uji independent sample t-test, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Group Investigation (GI) mencapai nilai yang ditetapkan yaitu 80,67 ≥ 75 yang di dukung dengan uji one sample t-test diperoleh signifikansi (2 -tailed) 0,015 < 0,05. Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil belajar ditunjukkan dengan uji independent t-test didapatkan signifikansi (2-tailed) 0,008 < 0,05. Dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji N-gain yaitu dikelas eksperimen 0,6 dan kelas kontrol 0,401 dimana termasuk dalam kateogori sedang. Dari analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbasis group investigation (GI) efektif terhadap hasil belajar siswa materi peluang kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 12:37
Last Modified: 23 Oct 2023 12:37
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18510

Actions (login required)

View Item View Item