PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEMUDA MELALUI KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN QARTHA ARUNIKA DI SERIKAT PAGUYUBAN PETANI QORYAH THOYYIBAH (SPPQT) KALIBENING TINGKIR SALATIGA

TUNNASIKHAH, FARIDA (2023) PENINGKATAN KESEJAHTERAAN PEMUDA MELALUI KELOMPOK KEWIRAUSAHAAN QARTHA ARUNIKA DI SERIKAT PAGUYUBAN PETANI QORYAH THOYYIBAH (SPPQT) KALIBENING TINGKIR SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Farida Tunnasikhah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Farida Tunnasikhah.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Farida Tunnasikhah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Farida Tunnasikhah. 2023. Upaya peningkatan kesejahteraan melalui kelompok kewirausahaan kaum muda Qartha Arunika di Serikat Paguyuban Petani Qoryah Thoyyibah (SPPQT) Kalibening Tingkir Salatiga. Tahun 2023. Skripsi. Salatiga : Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam., Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negri Salatiga. Pembimbing : M.Ali Sofyan,M.A. Kata kunci : kesejahteraan, wirausaha, kaum muda SPPQT merupakan salah satu pihak non pemerintah yang melakukan pendampingan UMKM. Lembaga ini secara khusus menggalanggerakkan pemberdayaan masyarakat desa. Penelitian ini berfokus pada upaya peningkatan kesejahteraan melalui kewirausahaan kaum muda di SPPQT di Kalibening Tingkir Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya pengelolaan kelompok wirausaha Qartha Arunika di serikat paguyuban petani Qoryah Thoyyibah (SPPQT) dalam mengembangkan potensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan (2) Mengetahui hasil yang didapatkan oleh kelompok wirausaha Qartha Arunika setelah dan sebelum adanya upaya yang diberikan oleh serikat paguyuban petani Qoryah Thoyyibah (SPPQT). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam memperoleh data. Prosedur pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian staf anggota SPPQT, anggota wirausaha kaum muda Qartha Arunika. Masyarakat tingkir salatiga. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triagulasi sumber, triagulasi teknik, dan triagulasi waktu. Dalam melakukan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pertama, Dampak yang didapatkan oleh wirausaha kaum muda mereka dapat mengenalkan produk mereka kepada msyarakat di luaran sana melalui kegiatan event bisnis yang diadakan oleh SPPQT. Kedua SPPQT juga melakukan upaya untuk mendukung kewirausahaan kaum muda dengan cara menghubungkan dengan lembaga keuangan. Hal tersebut memberikan dampak bagi para pelaku wirausaha kaum muda dalam memperluas jaringan enterpreneur dan cara pengelolaan uang dalam berwirausaha.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 12:54
Last Modified: 23 Oct 2023 12:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18511

Actions (login required)

View Item View Item