PERAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA PAKANG KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI

wijayanti, Putri wahyu (2023) PERAN KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DESA PAKANG KECAMATAN ANDONG KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHYU WIJAYANTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHYU WIJAYANTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHYU WIJAYANTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHYU WIJAYANTI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI PUTRI WAHYU WIJAYANTI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wijayanti, Putri Wahyu. 2023. Peran Komunikasi Pemerintah Desa Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Desa Pakang Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Tahun 2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Saipullah Hasan, M. A Kata Kunci: komunikasi, pemerintah desa, pelayanan, dan administrasi kependudukan Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran komunikasi pemerintah desa dan apa saja prinsip-prinsip komunikasi interpersonal pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan Desa Pakang Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber primer yaitu hasil observasi mengenai peran komunikasi pemerintah desa dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan di kantor Desa Pakang. Kemudian sumber sekunder yaitu hasil wawancara dengan kasi pemerintahan, kasi kesejahteraan dan pelayanan, sekertaris desa dan masyarakat serta dokumentasi yang meliputi dokumen pemerintahan, profil pemerintahan dan foto kegiatan pelayanan administrasi kependudukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi pemerintah desa berperan penting sebagai motivator, fasilitator dan mobilisator dengan menggunakan komunikasi yang efektif berupa pemilihan pesan dan bahasa serta saluran dan media komunikasi yang tepat dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan Desa Pakang Kecamatan Andong Kabupaten Boyolali. Namun, media komunikasi yang digunakan kurang maksimal karena belum memanfaatkan papan informasi. Dalam berkomunikasi, pemerintah desa menunjukan sikap empati, hubungan yang positif dan kesetaraan. Sikap yang ditunjukkan pemerintah desa tersebut merupakan prinsip-prinsip komunikasi interpersonal yang efektif. Namun, pemerintah desa belum menunjukkan sikap keterbukaan. Dengan demikian peran komunikasi pemerintah desa belum berjalan dengan lancar dan efektif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 15:58
Last Modified: 23 Oct 2023 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18517

Actions (login required)

View Item View Item