EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 2 PRINGAPUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Romantin, Maya (2023) EFEKTIVITAS MODEL RECIPROCAL TEACHING DAN MODEL DIRECT INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMPN 2 PRINGAPUS TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Maya Romantin 23070190084 Tadris Matematika.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, reciprocal teaching, direct instruction Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model reciprocal teaching dan model direct instruction terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi statistika siswa kelas VIII SMPN 2 Pringapus. Penelitian kuantitatif ini dilakukan menggunakan pendekatan quasy experiment dengan desain pretest-postest control group design. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah soal tes. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis dalam bentuk pre-test dan post-test. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji mann-whitneyU. Dengan uji prasyarat Kolmogrov Smirnov dan Levene’s Statistics. Penelitian ini menemukan hasil terdapat perbedaan dan peningkatan rata-rata antara pembelajaran reciprocal teaching dan pembelajaran direct instruction, dengan presentase 48% dan rata-rata post-test 67,45 untuk siwa yang diajar dalam pembelajaraan reciprocal teaching dan 30% dengan rata-rata post-test 59,79 untuk siswa yang diajar dalam pembelajaran direct instruction. Sehingga didapat kesimpulan bahwa berdasarkan hasil uji mann whitneyU yaitu dengan signifikansi 0,000 < 0,05 pembelajaran reciprocal teaching lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa daripada pembelajaran direct instruction.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 17:35
Last Modified: 23 Oct 2023 17:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18526

Actions (login required)

View Item View Item