PEMBINAAN IBADAH DAN SIKAP HUMANIS PADA SISWA DI MTs N 14 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023

kurniawati, anis (2023) PEMBINAAN IBADAH DAN SIKAP HUMANIS PADA SISWA DI MTs N 14 BOYOLALI TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anis Kurniawati 23010190037 revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurniawati, Anis. 2023. Pembinaan Ibadah dan Sikap Humanis pada Siswa Di Mts N 14 Boyolali Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembinaan, Ibadah, Sikap Humanis. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk: 1). Mendeskripsikan pembinaan Ibadah pada siswa di MTs N 14 Boyolali. 2). Mendeskripsikan pembinaan sikap Humanis pada siswa di MTs N 14 Boyolali. 3). Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pembinaan Ibadah dan sikap Humanis pada siswa di MTs N 14 Boyolali. Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dan bersifat deskriprif kualitatif. Pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan tahap tiga langkah, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan agama islam, guru bimbingan konseling dan siswa MTs N 14 Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). pembinaan Ibadah pada siswa di MTs N 14 Boyolali telah dilakukan dengan baik, ditunjukkan dengan adanya kegiatan yang dilakukan melalui metode pembiasaan, keteladanan dan nasehat serta kegiatan yang telah diterapkan seperti: sholat berjama’ah, menjalankan puasa, membaca Al-Qur’an, Berdo’a sebelum dan sesudah melakukan dan melakukan zakat fitrah. 2). pembinaan sikap Humanis pada siswa di MTs N 14 Boyolali menjadi lebih baik dengan penerapan program yang dilakukan sesuai dengan tujuan pembinaan. Kegiatan yang telah dierapkan seperti: saling menghormati, bertanggung jawab, disiplin, sopn santun, gotong royong, toleransi dan peduli lingkungan. 3). faktor pendukung dan penghambat pembinaan Ibadah dan sikap Humanis pada siswa di MTs N 14 Boyolali, untuk faktor pendukungnya ialah lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat ddan kesadaran diri. Sedangkan untuk penghambatnya ialah rasa malas pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 17:45
Last Modified: 23 Oct 2023 17:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18529

Actions (login required)

View Item View Item