PENERAPAN METODE SHOW AND TELL DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

niswa, Siti khilawatun (2023) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV MI MA’ARIF SRATEN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS_Siti Khilawatun Niswa_23040190158_PGMI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dalam proses pembelajaran siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten masih kurang percaya diri. Dengan adanya sikap percaya diri dapat berdampak positif terhadap pengembangan pendidikan siswa. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten sehingga dapat mengetahui perubahan sikap percaya diri siswa melalui penerapan metode show and tell pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan metode show and tell. Penelitan ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 21 siswa. Observasi, wawancara, dan dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan. Analisis data PTK meliputi langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, dan lembar observasi aktivitas guru. Indikator keberhasilan penelitian ini yaitu 75% dari keseluruhan siswa memiliki sikap percaya diri dengan kategori sangat baik. Hasil yang ditemukan pada pra siklus yaitu 9 siswa (42,85%) berada pada kategori sangat baik, 3 siswa (14,28%) berada pada kategori baik, 4 siswa (19,04%) berada pada kategori cukup dan 5 siswa (23,80%) siswa berada pada kategori kurang baik. Hasil pada siklus I menunjukkan 12 siswa (57,14%) berada pada kategori sangat baik, 5 siswa (23,80%) pada kategori baik, dan 4 siswa (19,04%) pada kategori cukup. Selanjutnya pada siklus II menunjukkan 17 siswa (80,95%) siswa berada pada kategori sangat baik dan 4 siswa (19,04%) berada pada kategori baik. Sikap percaya diri siswa terlihat mengalami peningkatan yaitu dari yang awalnya masih ada yang belum berani persentasi di depan kelas, masih ragu menjawab pertanyaan dan setelah dilakukan penelitian, siswa sudah menunjukkan perubahan terhadap hal tersebut. Hal ini menunjukkan tercapainya indikator keberhasilan sehingga dapat dinyatakan penerapan metode show and tell dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Ma’arif Sraten Tahun Pelajarah 2022/2023. Pada akhirnya, penelitian ini masih banyak memiliki keterbatasan, variabel-variabel lain yang mempengaruhi sikap percaya diri siswa dapat diteliti oleh penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 18:42
Last Modified: 23 Oct 2023 18:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18531

Actions (login required)

View Item View Item