IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TAKMIR MASJID AL-MUTTAQIEN DUSUN SUKODONO DESA KEBUMEN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG

AliFandhi, Ahmad (2023) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TAKMIR MASJID AL-MUTTAQIEN DUSUN SUKODONO DESA KEBUMEN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FIKS 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FIKS 3.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Alifandhi, Ahmad. 2023. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Takmir Masjid Al-Muttaqien Dusun Sukodono Desa Kebumen. Skripsi, Salatiga: Program Studi Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing Dr. Budi Sunarso, M.M.Pd., M.Si. Kata kunci: Manajemen sumber daya manusia, implementasi, tamir masjid Penelitian ini memiliki tujuan mendiskripsikan implementasi manajemen sumber daya manusia takmir masjid Al-Muttaqien Dusun Sukodono Desa Kebumen yang hendak dicapai yaitu bagaimana implementasi manajemen SDM di masjid Al-Muttaqien Dusun Sukodono Desa Kebumen. Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan manajemen sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengunakan metode ini peneliti bisa langsung bertemu dengan narasumber dan juga memperoleh informasi secara langsung. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara dengan pengurus takmir masjid Al-Muttaqien dan sumber data sekunder melalui dokumentasi yang berupa dokumentasi masjid Al-Muttaqien, bahan pustaka dan bahan publikasi. Metode pengumpulan data yaitu dengan wawancara kepada pengurus takmir dan warga setempat, observasi dengan pengamatan secara langsung ke lapangan di masjid AlMuttaqien, dokumentasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh pengurus takmir, struktur kepengurusan, suasana masjid, sarana dan prasarana. Hasil implementasi manajemen sumber daya manusia terdapat beberapa tahap; tahap perencanaan yaitu musyawarah bersama semua pengurus takmir, tahap pengorganisasian yaitu mematangkan kepengurusan sesuai kepasitasnya, tahap pengarahan yaitu tanggung jawab kepada tugas masing-masing, tahap pengendalian yaitu mengkontrol setiap program kegiatan, tahap rekrutmen yaitu melakukan bimbingan dengan yang lebih muda, tahap pengembangan yaitu membuat inovasi perkembangan dalam program kegiatan, tahap kompensasi yaitu berupa uang 150 ribu/bln dan garapan sawah 1 petak khusus marbot, tahap pemeliharaan yaitu tanggung jawab bagi semua kepengurusan termasuk masyarakat, tahap pemberhentian yaitu ketika jabatan sudah habis tetapi masih menjadi bagian dari pengurus. Penelitian ini juga menganalisis faktor pendukung dan penghambat manajemen sumber daya manusia. Faktor pendukung meliputi ilmu pengetahuan yaitu dapat membuat inovasi baru terhadap program kegiatan, pengalaman yaitu dapat membuat rencana kegiatan dengan matang, kepedulian yaitu support dari masyarakat dan finansial yaitu support dari keuangan. Faktor penghambat merupakan kebalikan dari faktor pendukung yaitu kurangnya ilmu pengetahuan, kurangnya pengalaman, kurangnya kepedulian dan kurangnya finansial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 18:53
Last Modified: 23 Oct 2023 18:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18533

Actions (login required)

View Item View Item