PELAKSANAAN METODE PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PENDIDIKAN ISLAM AL MASYKUR DESA JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

Shiddiq, Muhammad Ilham (2023) PELAKSANAAN METODE PEMBINAAN AKHLAK SANTRI DI PONDOK PESANTREN ASRAMA PENDIDIKAN ISLAM AL MASYKUR DESA JOMBOR KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BALONG 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shiddiq, Muhammad Ilham. 2023. Pelaksanaan metode pembinaan akhlak santri di pondok pesantren asrama pendidikan islam al masykur desa jombor kecamatan tuntang kabupaten semarang. Skripsi. Program Studi Manajemen Dakwah. Fakultas Dakwah. UIN Salatiga. Pembimbing: Sutrisno, M.Pd.I Kata Kunci: Metode Pembinaan akhlak santri Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa metode yang digunakan dalam manajemen dakwah dalam pembinaan akhlak santri dan bagaimana hasil penggunaan metode pembinaan akhlak santri di pondok pesantren asrama pendidikan islam Al Masykur Desa Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1) Pelaksanaan metode dalam manaemen pembinaan akhlak di pondok pesantren asrama Pendidikan islam al masykur dalam penerapannya sudah mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Perencanaan mencakup perencanaan tujuan pembelajaran akhlak yang hendak dicapai, perencanaan metode pembinaan akhlak santri, dan perencanaan waktu kegiatan mengaji. Pengorganisasian pengasuh pondok pesantren memberikan tugas kepada ustad dan pengurus sesuai tanggung jawab masing-masing. Pelaksanaan ustad bertanggung jawab penuh atas berlangsungnya kegiatan mengaji, memberikan keteladanan akhlak yang baik serta memberikan motivasi kepada santri. Pengawasan pengurus bertanggung jawab penuh atas kegiatan sehari-hari santri di pondok pesantren. 2) Metoode yang digunakan dalam pembinaan akhlak santri di pondok pesantren asrama pendidikan islam al masykur dalam penerapannya sudah menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode nasehat. Dalam hal ini penggunaan metode keteladanan dan pengurus memberikan contoh akhlak yang baik dalam kegiatan sehari-hari, dan untuk metode pembiasaan para santri diajak untuk terbiasa sholat berjamaah dan mujahadah, metode nasehat para ustad dan pengurus tidak lepas tanggung jawab dalam kegiatan sehari-hari para santri diawasi oleh pengurus, apabila ada santri yang tidak sesuai dengan aturan pondok pesantren maka santri tersebut akan diberi nasehat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 19:05
Last Modified: 23 Oct 2023 19:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18534

Actions (login required)

View Item View Item