PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN AJARAN 2022/2023

khoirunnisa, Alifia wahyu (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA SISWA KELAS V SEMESTER GENAP MI ASAS ISLAM KALIBENING TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ALIFIA WAHYU K 23040190035.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ALIFIA WAHYU K 23040190035.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI ALIFIA WAHYU K 23040190035.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pencapaian ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V MI Asas Islam Kalibening yang mencapai 25% secara klasikal dengan nilai rata-rata 58,57. Pencapaian nilai tersebut masih di bawah standar kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan oleh sekolah yakni 70. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi teks eksplanasi siswa kelas V MI Asas Islam Kalibening semester genap tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan metode cooperative integrated reading and composition (circ). Subjek penelitian ini adalah murid kelas V MI Asas Islam Kalibening, sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 14 siswi perempuan. Sementara teknik pengumpulan data yang dipakai ialah observasi, tes dan analisis dokumen. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah hasil belajar siswa dan hasil pengamatan siswa dan guru selama pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebanyak 18 siswa (64,28%) dengan nilai rata-rata 72,14. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar yaitu 25 siswa (89,28%) dengan nilai rata-rata 80,0. Berdasarkan penelitian pada siklus II, indikator keberhasilan secara individual telah mencapai rata-rata ≥70 serta indikator keberhasilan secara klasikalnya juga telah tercapai yaitu sebesar ≥85%, sehingga siklus dinyatakan berhasil dan dapat dihentikan. Kesimpulannya adalah penggunaan metode cooperative integrated reading and composition (circ) pada pembelajaran bahasa indonesia materi teks eksplanasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Asas Islam Kalibening semester genap tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 20:07
Last Modified: 23 Oct 2023 20:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18543

Actions (login required)

View Item View Item