PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA PAPAN WAKTU PADA SISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI MI MIFTAHUL ULUM CUKILAN 02 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Similikiti, Susi (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SATUAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA PAPAN WAKTU PADA SISWA KELAS III SEMESTER GENAP DI MI MIFTAHUL ULUM CUKILAN 02 KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SUSI MULYANINGSIH 23040190115.pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI(1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI(1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI(1).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI SUSI(1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Mulyaningsih, Susi. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Satuan Waktu Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Berbantu Media Papan Waktu pada Siswa Kelas III Semester Genap di MI Miftahul Ulum Cukilan 02 Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Setiorini Rahma Safitri, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar; Metode Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD); Media Papan Waktu Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Cukilan 02. Masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu media papan waktu dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi satuan waktu pada siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Cukilan 02? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Miftahul Ulum Cukilan 02 tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 25 siswa, dengan 15 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Dalam penelitian ini menggunakan metode kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) berbantu media papan waktu dan instrumen penelitian yang digunakan, yakni observasi, wawancara, tes, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian ketuntasan belajar pada siklus I sebanyak 12 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 48% dengan nilai rata-rata sebesar 54. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 22 siswa dan persentase ketuntasan sebesar 88% dengan nilai rata-rata sebesar 70,4. Berdasarkan pada data penelitian siklus II, indikator secara klasikal ≥85% telah tercapai dengan persentase 88%, maka siklus dinyatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 20:13
Last Modified: 23 Oct 2023 20:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18544

Actions (login required)

View Item View Item