Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Taharah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018

Iswanto, Indri (2017) Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Taharah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Indri Iswanto. 2017.Peningkatan Prestasi Belajar PAI Materi Taharah dengan Metode Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan AgamaIslam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Ahmad Sultoni, M.Pd. Kata Kunci :Prestasi belajar, Metode Jigsaw. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh prestasi belajar yang kurang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Taharah.Hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah yang kurang menarik keaktifan siswa. Guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dengan menggunakan metode jigsaw. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi Tahara pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2017/2018?. Permasalahan tersebut dibahas melaluipenelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan metode jigsaw menunjukan bahwa keaktifan dan semangat siswa meningkat yang akhirnya membuat prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode jigsaw pada pembelajaran, dengan hasil sebagai berikut: siklus I persentase prestasi belajar terdapat 15 peserta didik atau 47 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 17 peserta didik atau 53% siswa yang tidak tuntas. Siklus II persentase prestasi belajar terdapat 28 peserta didik atau 87% siswa yang tuntas, sedangkan ada 4 peserta didik atau 13% siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:28
Last Modified: 02 Nov 2017 01:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item