PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING BERBASIS LINGKUNGAN DI MI DADAPAYAM 01 KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

laila, Lutfi azizatul (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN IMPLEMENTASI COMPUTATIONAL THINKING BERBASIS LINGKUNGAN DI MI DADAPAYAM 01 KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Lutfi Azizatul Laila 23040190082.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Laila, Lutfi Azizatul. 2023. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Implementasi Computational Thinking Berbasis Lingkungan di MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pembimbing: Rini Verary Shanti, M.Si. Kata kunci : Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Implementasi Computational Thinking. Tujuan dilaksanakan penelitian yaitu guna mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan implementasi Computational Thinking berbasis lingkungan dengan media kartu metamorfosis di MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang tahun pelajaran 202202023. Jenis penelitian ini PTK yang memiliki dua siklus, setiap siklusnya memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang, peserta didik kelas IV berjumlah 22 orang 11 laki-laki dan 11 perempuan. Teknik penelitian ini dengan melakukan wawancara, observasi, tes serta dokumentasi. Hasil penelitian dengan implementasi computational thinking dengan media kartu metamorfosis hasil belajar berhasil meningkat pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan dan pelestarian lingkungan alam pada peserta didik kelas IV MI Dadapayam 01 Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Terbukti nilai setiap siklusnya mengalami peningkatan pada pra siklus nilai rata-rata kelas memperoleh 69,81 peserta didik yang telah tuntas belajar terdapat 13 orang atau 59% sedangkan yang tindak tuntas terdapat 9 orang atau 41%. Siklus I rata-rata nilai kelas memperoleh 65,45 sedangakn peserta didik tuntas belajar 15 orang atau 68,18%, peserta didik tidak tuntas belajar terdapat 7 orang atau 31,82%. Siklus II rata-rata nilai kelas 79,9 peserta didik yang tuntas belajar 20 orang atau 90,9%, peserta didik yang tidak tuntas belajar 2 orang atau 9,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 21:10
Last Modified: 23 Oct 2023 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18551

Actions (login required)

View Item View Item