PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DALAM MEMAHAMKAN MATERI FIQIH IBADAH PADA JA MAAH PENGAJIAN MINGGUAN (SENIN MALAM) DI MASJID AL-BARKAH MERTOYUDAN MAGELANG

Sobakh, Naf`an Akhmad (2023) PERAN KOMUNIKASI PERSUASIF DA’I DALAM MEMAHAMKAN MATERI FIQIH IBADAH PADA JA MAAH PENGAJIAN MINGGUAN (SENIN MALAM) DI MASJID AL-BARKAH MERTOYUDAN MAGELANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi publish online.pdf

Download (1MB)
[img] Text
skripsi publish online.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sobakh, Achmad Naf’an. 2022. Peran Komunikasi Persuasif Da’I Dalam Memahamkan Materi Fiqih Ibadah Pada Jamaah Pengajian Mingguan (Senin Malam) Di Masjid Al-Barkah Mertoyudan Magelang. Skripsi. Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd Kata kunci: Peran, komunikasi persuasif, fiqih ibadah, Mertoyudan Magelang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran komunikasi persuasif da’i dalam memahamkan materi fiqih ibadah pada jamaah pengajian mingguan (Senin malam) di masjid Al-Barkah Mertoyudan Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan interaksi simbolik, informan penelitian ini adalah ketua takmir masjid Al-Barkah, da’i dan jamaah pengajian mingguan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Peran komunikasi persuasif da’i dalam memahamkan materi fiqih ibadah pada jamaah pengajian mingguan ini sangat efektif. Terbukti dengan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh da’i terhadap mad’u berhasil membuat mad’u yang awalnya tidak memahami fiqih ibadah, menjadi faham fiqih ibadah. Salah satu metode yang digunakan dalam komunikasi persuasif ini adalah dengan metode ceramah. Selain memberikan contoh atau gambaran jelas terkait pada materi fiqih, hal ini disampaikan dengan cara ceramah dan tanya jawab sehingga materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 21:22
Last Modified: 23 Oct 2023 21:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item View Item