EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Istirochah, (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP LITERASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP ISLAM NGADIREJO TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Istirochah 23070190090_4.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan yang akan dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap literasi matematis siswa kelas VIII SMP Islam Ngadirejo Temanggung tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain true eksperimental dengan metode posttest-only control design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII sebanyak 11 kelas. Sementara sampelnya yaitu siswa kelas VIII D dan VIII A SMP Islam Ngadirejo Temanggung tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang dipilih ialah metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan dalam mengumpulkan data siswa dan data nilai siswa sementara metode tes untuk memperoleh hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest literasi matematis kelas eksperimen sebesar 84,76 dan kelas kontrol sebesar 68,94. Pengujian dilakukan dengan uji Independent sample t Test. Dari pengujian tersebut diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05 untuk hasil posttest literasi matematis. Menurut hasil tersebut, dipastikan H0 ditolak dan H1 diterima. Berikutnya, hasil uji t menampilkan nilai positif yang berarti nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibanding kelas kontrol. Dengan demikian, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe think talk write efektif terhadap literasi matematis siswa kelas VIII SMP Islam Ngadirejo tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 22:43
Last Modified: 23 Oct 2023 22:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18559

Actions (login required)

View Item View Item