PENGARUH MAQASHID SYARIAH INDEX (MSI) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2013-2022)

NAILAH, INAYATUN (2023) PENGARUH MAQASHID SYARIAH INDEX (MSI) TERHADAP FINANCIAL SUSTAINABILITY RATIO (FSR) DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA (PERIODE 2013-2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI_Inayatun Nailah_2023_Pengaruh Maqashid Syariah Index (MSI) terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2013-2022).pdf

Download (3MB)

Abstract

Nailah, Inayatun. 2023. Pengaruh Maqashid Syariah Index (MSI) terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Moderating pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2013-2022). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Fetria Eka Yudiana, M.Si. Riset ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui Pengaruh Maqashid Syariah Index (MSI) terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR) dengan Islamic Social Reporting (ISR) sebagai Variabel Moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia (Periode 2013-2022). Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan data sekunder berbentuk data panel yang diperoleh dari data sekunder laporan keuangan yang telah dipublikasikan melalui masing-masing website bank. Untuk selanjutnya sampel penelitian disaring menggunakan teknik purposive sampling dengan beberapa kriteria yang sudah ditentukan sehingga diperoleh sebanyak 7 bank umum syariah yang terdaftar di OJK pada periode 2013-2022 yang memenuhi kriteria dengan rentang tahun pengamatan selama 10 tahun. Sehingga, total sampel sebanyak 70 sampel. Data yang didapatkan kemudian diolah dengan alat analisis Eviews 9. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistik deskriptif, uji stasioneritas, uji regresi data panel, uji MRA, uji Asumsi Klasik, dan uji statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Maqashid Syariah Index (MSI) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR), Islamic Social Reporting (ISR) sebagai variabel moderasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR). Berdasarkan analisis MRA, variabel Islamic Social Reporting (ISR) memoderasi (memperlemah) hubungan Maqashid Syariah Index (MSI) terhadap Financial Sustainability Ratio (FSR). Kata Kunci: Maqashid Syariah Index (MSI), Financial Sustainability Ratio (FSR) dan Islamic Social Reporting (ISR)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Oct 2023 23:34
Last Modified: 23 Oct 2023 23:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18560

Actions (login required)

View Item View Item