UPAYA MANAJEMEN PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM DESA KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI DALAM MENUMBUHKAN HARD SKILLS SANTRI

Rozalinda, Octavia Wahyu Nur (2023) UPAYA MANAJEMEN PONDOK PESANTREN BAHRUL ULUM DESA KURYOKALANGAN KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI DALAM MENUMBUHKAN HARD SKILLS SANTRI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI (octavia wahyu nur rozalinda_43020190018).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI (octavia wahyu nur rozalinda_43020190018).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI (octavia wahyu nur rozalinda_43020190018).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI (octavia wahyu nur rozalinda_43020190018).pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI (octavia wahyu nur rozalinda_43020190018).pdf

Download (4MB)

Abstract

Pondok pesantren Bahrul Ulum merupakan salah satu pondok yang mempunyai program bakat minat yang sudah ada di pesantren. Beberapa program yang ada di pesantren diantaranya yaitu program tahfidz Al-Qur’an, kitab, sains, olahraga dan praktik kewirausahaan. Sebuah keberhasilan dari sebuah lembaga pondok pesantren yang memiliki beberapa program tidak terlepas dari upaya manajemen yang digunakan, karena sistem manajemen berperan aktif dalam kemajuan di pondok pesantren. Maka dalam penelitian ini memiliki tujuan 1) untuk mengetahui bagaimana pengembangan hard skills yang dimiliki santri 2) untuk mengetahui bagaimana upaya manajemen pondok pesantren Bahrul Ulum dalam menumbuhkan hard skills santri. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yaitu hasil wawancara dari pengasuh, pengurus, dan santri, serta dokumentasi, dan observasi. Sedangkan pada sumber data sekunder yaitu berupa buku, jurnal, artikel yang dapat melengkapi kebutuhan dalam penelitian. Adapun prosedur pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan hard skills yang dimiliki santri di pondok pesantren Bahrul Ulum yaitu yang pertama, program tahfidz Al-Qur’an yaitu santri di pesantren belajar membaca dan menghafal Al-Qur’an. Strategi yang digunakan dalam meningkatkan hafalan santri yaitu dengan metode tahsin, tasmi’, muroja’ah dan imtihan. Kedua, program kitab yaitu santri mengkaji kitab kuning dengan menyimak dan memaknai. Ketiga, program sains yaitu santri membuat atau melakukan riset penelitian baik itu riset sosial, riset keagamaan maupun riset tentang ilmu pengetahuan. Keempat, program olahraga yaitu olahraga sepak bola. Pelatihan sepak bola di pesantren dilaksanakan setiap satu minggu tiga kali. Kelima, praktik kewirausahaan yaitu dalam usaha agen air kemasan (Buya dan KH-Q) dan usaha wifi. Santri yang berada di pesantren diajarkan dalam memasarkan produk baik itu langsung ke konsumen maupun melalui media sosial. 2) manajemen pondok pesantren Bahrul Ulum dilakukan dengan beberapa langkah berikut yaitu perencanaan (planning), pengorganisaisan (organizing), menggerakkan (actuating), dan pengawasan (controlling).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:12
Last Modified: 24 Oct 2023 05:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18568

Actions (login required)

View Item View Item