STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC SALATIGA

MILENIA, LU'LU'US SILMI FIERA (2023) STRATEGI GURU DALAM PEMBENTUKAN KONSEP DIRI PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI RA GLORY ISLAMIC SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh guru dalam membentuk konsep diri positif pada anak usia dini di sekolah, mengetahui faktor pengaruh apa saja yang mendukung dan menghambat penerapan strategi guru dalam membentuk konsep diri anak usia dini di RA Glory Islamic Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui proses wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan trianggulasi wakt sehingga data yang diperoleh valid.. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi yang dilakukan oleh guru dalam upaya pembentukan konsep diri positif anak melalui pembiasaan, keteladanan, memahami perkembangan usia anak, bermain sambil belajar dan interaksi positif melalui komunikasi pribadi antara guru dan murid seperti pemberian motivasi, nasehat dan pujian. (2) Faktor pendukung dan penghambat dari penerapan strategi tersebut meliputi kelekatan dan kedekatan antar guru dan murid, kerjasama orang tua dan guru, suasana lingkungan sekolah, sarana prasarana, pembelajaran serta kurikulum yang di terapkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 10:21
Last Modified: 24 Oct 2023 10:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18570

Actions (login required)

View Item View Item