Pembinaan Keagamaan dan Sikap Kontrol Diri Santri Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur Jombor Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023

setiawan, Raka dwi (2023) Pembinaan Keagamaan dan Sikap Kontrol Diri Santri Pondok Pesantren Asrama Pendidikan Islam Al Masykur Jombor Tuntang Kabupaten Semarang Tahun 2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RAKA DWI SETIAWAN 2301018202.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan keagamaan santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur dan mendeskripsikan pembinaan sikap kontrol diri santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur, untuk mendeskripsikan faktor pendukung santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur dan mendeskripsikan faktor penghambat pembinaan keagamaan dan sikap kontrol diri santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, informan penelitian ini adalah pengasuh, lurah putra dan putri, pengurus, santri, baik putra maupun putri, pembinaan keagamaan dan sikap kontrol diri santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pembinaan keagamaan santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur melalui keteladanan, nasehat kyai, pembiasaan, kajian kitab kuning, sorogan kitab kuning. 2. Pembinaan sikap kontrol diri santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur dengan mentaati peraturan pondok, menerapkan manajemen waktu, penerapan hukuman atau takzir . 3. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan keagamaan santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur, a. faktor pendukung: dukungan dari pengasuh, niat dan tujuan santri yang baik, dan kurikulum yang diterapakan pondok, b. faktor penghambat: latar belakang santri yang berbeda, santri adalah mahasiswa, kesibukan santri. 4. Faktor pendukung dan penghambat pembinaan sikap kontrol diri santri di Pondok Pesantren API Al-Masykur, a. faktor pendukung: factor internal dari pengasuh, dewan pengasuh, dan pengurus, serta santri berupa kemauan, kedisiplinan dan ketegasan, faktor eksternal yaitu lingkungan pondok pesantren berupa masyarakat sekitar, b. faktor penghambat: faktor internal yaitu kondisi fisik dan kesibukan santri, faktor eksternal yaitu pemilihan teman dan sistem pondok yang bertumpu pada kampus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 14:01
Last Modified: 24 Oct 2023 14:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18573

Actions (login required)

View Item View Item