Alif, Muhammad (2017) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MATERI KELAHIRAN DAN EMPAT PULUH TAHUN SEBELUM NUBUWAH DENGAN METODE TOWN MEETING PADA SISWA KELAS VII Di SMP ISLAM TERPADU DARUL FIKRI BAWEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ALIF 111-13-029.pdf Download (5MB) |
Abstract
Muhammaadd Alif. 2017. Peningkatan Hasil BelajarPAI materi Kelahiran dan Empat Puluh Tahun sebelum Nubuwah dengan Metode Town Meeting pada kelas VII di SMP Islam Terpadu Darul Fikri Bawen Tahun Pelajaran 2017/2018.Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Ahmad sultoni, M.Pd. Kata Kunci : Prestasi belajar, Metode town meeting. Skripsi ini dilatarbelakangi oleh mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada bab Kelahiran Dan Empat Puluh Tahun Sebelum Nubuwah, hal ini dikarenakan guru banyak menggunakan metode ceramah. Sehingga guru perlu melakukan pembelajaran aktif yang berpusat pada siswa dengan menggunakan metode Town Meeting. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah penerapan metode Town Meeting dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam materi kelahiran dan empat puluh tahun sebelum nubuwah pada siswa kelas VII SMP islam terpadu darul fikri bawen tahun pelajaran 2017/2018?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. PTK dilaksanakan di SMP islam terpadu darul fikri bawen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi dan tes. Hasil penelitian dengan menggunakan metode town meeting menunjukan bahwa keterlibatan siswa meningkat yang berdampak pada prestasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode town meeting, dengan hasil sebagai berikut: siklus I prosentase prestasi belajar terdapat 27 peserta didik atau 68 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 10 peserta didik atau 32 % siswa yang tidak tuntas. Siklus II prosentase prestasi belajar terdapat 32 peserta didik atau 84 % siswa yang tuntas, sedangkan ada 7 peserta didik atau 16 % siswa yang tidak tuntas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 01:40 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 01:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1858 |
Actions (login required)
View Item |