PENGEMBANGAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs N 5 MAGELANG PADA MATERI SISTEM TATA SURYA

, Aisyah Farah Aviciena (2023) PENGEMBANGAN LIVEWORKSHEET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII MTs N 5 MAGELANG PADA MATERI SISTEM TATA SURYA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
AISYAH FARAH AVICIENA - 23060190108_compressed.pdf

Download (8MB)
[img] Text
AISYAH FARAH AVICIENA - 23060190108.pdf

Download (8MB)
[img] Text
AISYAH FARAH AVICIENA - 23060190108.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan, efektivitas, dan kepraktisan dari Liveworksheet berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs N 5 Magelang pada Materi Sistem Tata Surya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dibatasi hanya sampai 8 (delapan) langkah saja, diantaranya: (1) research and information collecting, (2) Planning, (3) develop preliminary form of product, (4) preliminary field testing, (5) main product revision, (6) main field testing), (7) operasional field testing (8) operasional product revision, yang disederhanakan lagi menjadi 3 (tiga) tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, pengembangan produk, serta validasi dan uji produk. Hasil penelitian yang telah dilakukan menghasilkan produk Liveworksheet berbasis PjBL dan buku panduan guru. Persentase hasil uji kelayakan produk pada spek materi sebesar 98,6% dengan kategori sangat layak, dan persentase 97,5% pada aspek media dengan kategori sangat layak. Hasil uji efektivitas pada uji T-Test diperoleh hasil sig. sebesar 0,000 < 0,05, dengan t hitung sebesar 3.731 > dari nilai t tabel 2.060, maka dapat disimpulkan Liveworksheet berbasis PjBL memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik, pada uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain score sebesar 0,73. Sehingga produk Liveworksheet berbasis PjBL cukup efektif digunakan. Hasil uji kepraktisan oleh guru diperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat praktis, dan hasil uji kepraktisan oleh peserta didik diperoleh persentase sebesar 95% jawaban ya dari peserta didik dan 5% jawaban tidak, dengan kategori sangat praktis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 17:31
Last Modified: 24 Oct 2023 17:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item