PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI PERKEMBANGAN ILMU PERIODE ABBASIYAH DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA INFOGRAFIS KELAS VIII DI SMP ISLAM SUDIRMAN 1 BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

mahmudah, Safira himatul (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI PERKEMBANGAN ILMU PERIODE ABBASIYAH DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MEDIA INFOGRAFIS KELAS VIII DI SMP ISLAM SUDIRMAN 1 BANCAK KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Safira Himatul Mahmudah 23010190171.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan peneliti adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap materi Materi Perkembangan Ilmu Periode Abbasiyah dengan Metode Cooperative Script dan Media Infografis Kelas VIII di SMP Islam Sudirman 1 Bancak Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) menerapkan 2 siklus dengan tahapan perencanaa, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjuk penelitian adalah peserta didik kelas VIII B SMP Islam Sudirman 1 Bancak Tahun Ajaran 2022/2023 sebanyak 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, dan lembar observasi kegiatan pembelajaran. Kemudian dianalisis menggunakan rumus ketuntasan individu dan klasikal kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode Cooperative Script dan media Infografis dapat meningkatkan hasil nelajar peserta didik materi Perkembangan Ilmu Periode Abbasiyah pada kelas VIII B SMP Islam Sudirman 1 Bancak. Hal ini dibuktikan dari peningkatan pada setiap siklusnya. Pada kegiatan Pra Siklus terdapat 11 peserta didik yang tuntas atau 45,83% meningkat pada Siklus I sebanyak 15 peserta didik atau 62,5% dan meningkat pula pada kegiatan siklus II menjadi 21 peserta didik atau 87,5%. Sedangkan Peserta didik yang tidak tuntas juga menurun dari kegiatan pra siklus sebanyak 13 peserta didik atau 54,167% menurun pada kegaiatan siklus I menjadi 9 peserta didik atau 37,5% dan menurun pula kegiatan siklus II menjadi 3 peserta didik atau 12,5% karena pada tahap siklus II ada 3 peserta didik yang tidak tuntas dilakukan dengan cara remedial dengan memperoleh nilai 80. Dengan presentase ketuntasan 87,5% pada siklus II telah melampaui indikator ketuntasan secara klasikal yang telah ditetapkan yaitu 85%. Maka siklus II ini telah dinyatakan berhasil dengan menggunakan metode Cooperative Script dan media Infografis pada materi Perkembangan Ilmu Periode Abbasiyah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Oct 2023 17:35
Last Modified: 24 Oct 2023 17:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/18583

Actions (login required)

View Item View Item